ceo

SEO Links Exchanges, Blog Link Building Service Build Your Links For Free, Links Building Service SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Free Backlink Service, Links Building 4 Free

Minggu, 01 September 2013

PINCARA / SOA SOA / Iguana (Hydrosaurus Pustulatus)

Hewan ini hanya terdapat di Filipina dan di Sulawesi (Indonesia) terutama di wilayah hutan hujan tropis Sulawesi dan pinggiran pantai yang berbatu. 

Orang Sulawesi biasa menyebut binatang ini Pincara / Soa-Soa atau orang Indonesia pada umumnya menyebutnya Iguana . Binatang yang memangsa serangga dan binatang kecil lainnya ini sangat mahir memanjat dan berenang di air. 

Bentuknya seperti kadal namun memiliki layar dari punggung hingga ke ekor yang digunakan untuk penyeimbang. 

Kulit binatang ini sangat kasar dan berwarna coklat hingga membuat sebagian orang yang pertama kali bertemu dengan hewan ini langsung menghindar. Oh iya sebagai sebuah kadal, hewan ini panjang nya bisa sampai 1,2 Meter lho dari ujung kepala sampai ujung ekor. 

Kurang lebih besarnya seperti Biawak dewasa. Dahulu hewan ini sangat banyak di Sulawesi dan tak susah untuk ditemukan. 

Namun karena terus menyusutnya habitat asli hewan ini dan juga karena perburuan untuk tujuan dijual hewan ini termasuk langka dan sulit ditemukan untuk saat ini. Jika anda berkunjung ke Sulawesi maka anda masih mudah untuk menjumpainya di beberapa sungai Dusun Umpungeng. Di desa ini masih mudah untuk ditemukan pasalnya masyarakat Umpungeng juga turut menjaga habitat hewan ini di sungai.  

0 komentar:

Posting Komentar

Testimoni Pengunjung