ceo

SEO Links Exchanges, Blog Link Building Service Build Your Links For Free, Links Building Service SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Free Backlink Service, Links Building 4 Free

Kamis, 01 Maret 2007

Proposal Pembangunan Masjid

 بسم الله الرحمن الرحيم


A.   LATAR BELAKANG

Masjid Jabal Nur Umpungeng dibangun diatas bukit ditengah perkampungan Dusun Umpungeng  sekitar 35 tahun yang lalu. Dahulu Mesjid di kampung ini hanyalah sebuah bangunan rumah panggung yang mirip rumah joglo, beratap ijuk  pelepah enau dan berlantai papan kayu. Karena material bangunan yang demikian, menyebabkan lantai menimbulkan suara gemuruh /berisik terutama pada saat sholat berjamaah.  Atas prakarsa bersama warga, bangunan  Masjid Kayu di renovasi menjadi bangunan yang berlantai semen sebagaimana kondisinya  saat ini.
Warga pun bahu membahu untuk mengumpulkan pasir dan batu yang harus diambil dari sungai yang letaknya 1-3 km dari lokasi Masjid. Prakarsa mengumpulkan bahan bangunan ini direspon oleh warga dengan antusias, tidak terkecuali adak-anak sekolah dari kelas 3 s.d. kelas 6 Sekolah Dasar. Pengadaan bahan bangunan lain seperti semen dan atap  secara swadaya didatangkan dari  kota dengan berjalan kaki, hal ini menyebabkan proses mengumpulan bahan bangunan membutuhkan waktu bertahun-tahun hingga siap bangun. Alhamdulillah, bahan dasar bangunan Masjid dapat terkumpul dan pembangunan pun dilaksanakan secara gotong-royong.
Perlu kami sampaikan bahwa pada saat dibangunnya Masjid Jabal Nur, kampung Umpungeng belum terjangkau kendaraan apapun. Alhamdulillah saat ini kendaraan roda dua sudah sampai di Umpungeng meski membutuhkan keberanian khusus dan extra tenaga untuk mengendarai.
Atas kondisi yang belum terjangkau kendaraan tersebut, warga mengalami kesulitan mengangkut bahan bangunan. Sebagian bahan bangunan terpaksa diganti dengan material lain seperti batu bata diganti dengan batu kali. Dengan sistem manual dan gotong royong, warga menyelesaikan dinding masjid dengan sistem cor yang menggunakan slop yang terbuat dari papan. Hasilnya Alhamdulillah masjid berdinding tembok dapat berdiri meski tidak seindah dengan bangunan tembok yang menggunakan batu bata.
Semangat warga yang umumnya berprofesi sebagai petani untuk memiliki masjid yang nyaman nampaknya tidak sebanding dengan kekuatan ekonomi yang dimiliki. Akibatnya  Masjid yang dibangun sejak 35 tahun silang belum mengalami perubahan (kondisi pisik bangunan belum di plaster  bagian  luar dan dalam serta lantai belum di keramik). Bahkan kini kondisi atap sudah banyak yang bocor akibat karatan dan juga terpaan angin kencang.   
Kini lantai Masjid  hanya di alasi terpal plastik tipis dan selembar karpet merah hasil swadaya warga. Kondisi ini menyebabkan  jamaah sulit menahan rasa dingin saat melaksanakan sholat. Perlu kami sampaikan bahwa kondisi cuaca di kawasan Umpungeng umumnya dingin terutama dimusim huja.
Atas kondisi tersebut kami bermaksud mengundang partisipasi kaum Muslimin khususnya keluarga besar Umpungeng dimanapun berada untuk turut membantu mewujudkan berdirinya Masjid yang indah dan nyaman di dusun Umpungeng.
B.  Maksud & Tujuan
1)    Memperbaiki sarana masjid  dalam rangka   kenyamanan beribadah bagi warga ataupun para tamu yang datang ke Umpungeng.
2)    Mewujudkan masyarakat yang gemar ibadah serta senantiasa meningkatkan kualitas amal melalui aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.
3)    Membangun silaturrahiim sesama Muslim lainnya dari berbagai wilayah.
4)    Menghadirkan Masjid yang asri dan  nyaman di dusun Umpungeng sebagai bagian dari pembangunan Desa Wisata berbasis nilai-nilai religius.
Perlu kami sampaikan bahwa dusun Umpungeng merupakan salah satu desa yang banyak dikunjungi oleh warga dari berbagai daerah di Indonesia setiap tahunnya, mereka datang dengan sanak saudara untuk tujuan rekreasi atau menyelenggarakan acara syukuran bersama warga.

Rencana pembangunan Masjid Jabal Nur Umpungeng

A.  Bentuk Kegiatan
Untuk kebutuhan tersebut kami meminta dukungan dana dari Bapak Gubernur Sulawesi Selatan untuk membantu pembangunan sarana dan prasarana Masjid Jabal Nur Umpungeng sebagai berikut :
1.    Renovasi Atap yang saat ini dalam keadaan rusak / bocor.
2.    Penataan ruang utama Masjid (mengganti terpal plastik dengan Karpet)
3.    Pengecatan Ruang utama dan bagian luar Masjid
4.    Pembuatan sarana tempat wudhu
B.  Rencana Kegiatan
NO
Kegiatan
Uraian
Ket.
1
Penggalangan Dana, 
-       Kegiatan penggalangan dana dilakukan melalui panitia yang ditunjuk. Para Donatur dapat menyumbang dalam bentuk uang atau pun barang dan diserahkan ke petugas dengan meminta bukti tanda terima.

2
Pengadaan barang
-       Dana yang masuk akan di belanjakan berdasarkan skala prioritas. Sebagian material bangunan akan diadakan secara swadaya oleh masyarakat.

3
Proses Pengangkutan
-       Lokasi Masjid terletak 12 km dari Desa Gattareng (lokasi tempat bahan bangunan  seperti semen, besi & atap diturunkan). Satu-satunya alat transportasi untuk
Angkut barang ke lokasi adalah kendaraan roda dua (Ojeg).

4
Pelaksanaan pembangunan
-       Pembangunan dan penataan ruang sholat.
-       Pengecatan tembok luar dan dalam
-       Pembangunan sarana tempat wudhu
-       Renovasi atap dan plavon Masjid.

5
Pertanggung Jawaban Anggaran,
-       Seluruh partisipasi akan di umumkan / dipublikasikan lewat media resmi yang kami miliki seperti : http://umpungengecovillage.blogspot.com,http://umpungeng.blogspot.com, http://umpungeng.blog.com atau facebook: umpungeng soppeng.

Disamping media tersebut, kami juga dapat mengirim laporan pertanggung jawaban secara pribadi kepada pihak donatur melalui email anda yang masuk melalui email resmi kami : umpungeng@gmail.com
C.  Sumber Dana.
Dana diharapkan bersumber dari swadaya masyarakat dengan melibatkan seluruh keluarga besar Umpungeng, Pemerintah serta masyarakat umum dengan pengawasan yang melibatkan dewan penasehat  yang sekaligus mengawasi penggunaan anggaran sebagai bentuk pertanggung jawaban kami kepada setiap donatur.

D.  Rencana Anggaran
Untuk mewujudkan rencana kegiatan tersebut, dibutuhkan anggaran sebanyak Rp. 226,031,500.00,- (Dua ratus dua puluh enam juta tiga puluh satu ribu lima ratus) dengan rincian sebagai berikut:



No
URAIAN PROGRAM
JUMLAH
PERKIRAAN BIAYA
PERIORITAS
1
Karpet di Ruang utama Sholat
72 m
           18,720,000.00

1
Bahan     : Nylon
Ukuran   : 120 x 900 Cm
Tebal      : 8 mm
Warna    : Hijau
2
Plamor tembok Steamcot Uplus @Rp.45.000,-/Sat
100 sak
              7,052,500.00
2
- Lem fox  @Rp. 12.500,-/Bungkus
200 bks
- Kappe plamor @Rp.3000,-/pc
  5 pc
- Amplas tembok  @Rp. 7500/m
  5 m

3
Cat Tembok merk Mowilex (PC-017 Pebble walk)

           12,709,000.00

3
 - Cat Dalam 2,5 L @Rp.125.000,-
25 L
 - Cat Luar    2,5 L @Rp.190.000,-
50 L
 - Kuas 4 inc @Rp. 12.000,-/pc
 7  pc


4
Sarana Tempat Wudhu

           24,800,000.00
4
-    Semen @ Rp.55.000,-/sat
  100 sat
-    Pasir    @ Rp.10.000,-/kaleng
1000 klg
-    Besi baja @Rp. 150.000,-/batang
   50 bt
-    Pipa  12 inci Rp 75.000,-/batang  
   20 bt
-    Keran  Air @Rp.15.000,-/pc
   20 pc
5
Keramik (khusus ruang wudhu)
10 m
              3,500,000.00
5
6
Renovasi dinding dan Atap Masjid

         111,750,000.00
6
-   Semen @ Rp.55.000,-/sat
  350  sat
-   Pasir    @ Rp.10.000,-/kaleng
3500  klg
-   Besi baja 12 mm @Rp. 150.000,-/batang
  100  bt
-   Kayu 25 kubik @ Rp. 500.000
    25  kb
 -  Rangka Baja
  100  m
 - Seng
   75   m 
7
Gaji tukang @ 75.000,- perhari (5 bulan pengerjaan)
2  orang
           22,500,000.00
1
8
Biaya transportasi material dari jalan utama menuju dusun Umpungeng menggunakan ojeg (per ojeg @Rp. 50.000,).
Sesuai kebutuhan
           25,000,000.00
1

Total

         226,031,500.00


Sumbangan dapat disampaikan melalui Panitia dengan meminta tanda bukti Penerimaan (Formulir Donatur) ataupun ditransfer melalui Bank SULSELBAR No.Rek. 101-202-000003536-2. a.n Pengurus Masjid Jabal Nur Umpungeng. dengan menunjukkan bukti transfer kepada panitia.

Demi menjaga amanah bersama, setiap Donatur diharapkan mengkonfirmasi kepada panitia setiap sumbangan yang akan diserahkan. Informasi Penyumbang akan kami publikasikan secara update di http://desaumpungeng.blogspot.com

Susunan Panitia Pelaksana Pembangunan Masjid
Pelindung/Penasehat
§  Kepala Desa Umpungeng
§  Ketua BPD Umpungeng
§  Kepala Dusun Umpungeng
§  Imam Masjid Umpungeng
§  RK/RT Dusun Umpungeng
Panitia Pelaksana
Ketua                       : Sinardin BN,
Sekertaris                : Da’wah Ismail
Bendahara             : Nurul Qamri Badar
Divisi-divisi             :  
1.Divisi Pembangunan.
2.Divisi Keagamaan.
3.Divisi Humas
4.Divisi Konsumsi
5.Divisi Keamanan

E.  Nama dan Lokasi Masjid
Masjid Jabal Nur
Dusun Umpungeng, Desa Umpungeng
Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng
Sulawesi Selatan, Indonesia  90811
F.   Kontak Panitia
Sinardin    BN                   : 085256828939
Sudirman AR                   : 081364770553
Email: umpungeng@gmail.com
G.  Penutup

     Demikian permohonan ini kami sampaikan, semoga Allah Subhanahu Wata’ala meridhoi setiap amal dan usaha kita. Amin




Umpungeng, 12  Juli   2015

HORMAT KAMI,
PENGURUS MASJID JABAL NUR UMPUNGENG

Ketua                                                         Sekertaris



Sinardin  BN.                                         Da’wah Ismail


Mengetahui,
Kepala Desa Umpungeng

       

Salahuddin, SAg.

0 komentar:

Posting Komentar

Testimoni Pengunjung